IMM UGM Gelar Silaturrahim Keluarga Besar Muhammadiyah UGM

0
19

Yogyakarta- Bertempat di PP Muhammadiyah Cikditiro, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Gadjah Mada menggelar acara Silaturrahim Keluarga Besar Muhammadiyah UGM, Minggu (16/9). Silaturrahim ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa, tetapi juga perwakilan dosen. Tujuan diadakan silaturrahim ini adalah untuk mempererat tali persaudaran, sekaligus memperkenalkan Muhammadiyah kepada kader baru.

Dengan nama “Ngopi Bareng IMM: Dari Muhammadiyah untuk Bangsa”, silaturrahim ini bukan hanya sekedar ajang untuk bertemu antar kader, tetapi juga berdiskusi seputar isu Muhammadiyah. Oleh karena itu, kata Ngopi digunakan sebagai singkatan dari Ngobrol Pintar. Konsep ngobrol pintar kemudian dibungkus dengan bentuk talkshow dengan menghadirkan dua pembicara: Bapak Bambang Suwignyo, S.Pt., M.P., Ph.D selaku Dosen Fakultas Peternakan UGM, dan Bapak Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D selaku Dosen Fakultas Teknik. Dipandu  oleh Habib Haidar dari Fakultas Hukum, masing-masing pembicara memberikan materi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Bapak Ahmad Agus Setiawan atau yang biasa dipanggil Pak Aas, banyak memberikan materi terkait prestasi mahasiswa, karena latar belakang beliau yang memegang salah satu posisi di Direktorat Kemahasiswaan. Beliau lebih banyak memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk bersemangat mengikuti lomba, karena menurutnya, Ditmawa telah menyiapkan banyak apresiasi kepada mahasiswa yang menjadi pemenang. Sedangkan Pak Bambang banyak memberikan materi terkait jihad pangan, sesuai dengan background ilmunya, dan juga keterlibatannya di Majelis Pemberdayaan Masyarakat PP Muhammadiyah. Beliau banyak membagikan pengalaman pribadinya di bidang pemberdayaan masyarakat, salah satunya pengalaman beliau saat melakukan pemberdayaan di Papua.

Talkshow yang berjalan sekitar 2 jam tersebut berjalan lancar dan juga interaktif. Banyak mahasiswa yang mendapatkan insight baru dari materi yang disampaikan pembicara. Selain talkshow, dalam silaturrahim ini juga terdapat sesi sharing bersama mengenai IMM UGM. Sharing ini dipantik oleh Immawan Fatah selaku Ketua Umum PK Al Khawarizmi periode 2014-2015, dan Immawan Rusli selaku Ketua Umum PK Ibnu Khaldun periode 2016-2017. Dengan sesi sharing ini, banyak hal-hal yang dikritisi oleh peserta dan menjadi bahan diskusi bersama. (ASA)

LEAVE A REPLY